Selasa, 31 Desember 2013

Variabel Penelitian

Variabel Penelitian adalah suatu gejala yang nilainya bervariasi. Suatu gejala yang nilainya selalu tetap, tidak dapat digunakan sebagai variabel penelitian. 
Pembagian variabel berdasarkan sifatnya : 

1. Variabel Dikotomis
Variabel yang mempunyai dua nilai kategori yang saling berlawanan.Data dikotomi adalah apabila nilai variabel hanya ada dua misalnya data jenis kelamin yang hanya punya nilai laki-laki dan perempuan. 

2. Variabel Kontinyu
Variabel yang mempunyai nilai-nilai dalam satu variabel tertentu. Contohnya adalah kecepatan kendaraan per jam, tinggi badan. 

Pembagian variabel berdasarkan pada hubungan antar variabel : 

1. Variabel Dependent
Variabel dependent dalam bahasa Indonesia sering disebut sebagai peubah tak bebas, variabel output, kriteria, atau konsekuen. Variabel ini juga sering disebut sebagai variabel terikat. Variabel terikat atau peubah tak bebas ini merupakan variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat, karena adanya variabel sebab atau peubah bebas.

2. Variabel Independent
Variabel independent atau variabel bebas, atau peubah bebas sering juga disebut dengan variabel stimulus atau predictor, atau variabel antecedent. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, variabel independet disebut juga sebagai peubah bebas. Peubah bebas ini adalah merupakan peubah yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab terjadinya perubahan terhadap peubah tak bebas. Atau yang menyebabkan terjadinya variasi bagi peubah tak bebas (variabel dependent).

3. Variabel Moderator
Variabel moderator adalah peubah yang mempengaruhi (memperkuat atau memperlemah) hubungan antara variabel independent dengan variabel dependent. Variabel ini sering disebut juga sebagai peubah bebas kedua.

4. Variabel Intervening
Variabel intervening adalah peubah yang secara teoritis mempengaruhi (memperkuat dan memperlemah) hubungan antara variabel independent (peubah bebas) dengan variabel dependent (peubah terikat), akan tetapi tidak dapat diamati dan diukur secara sistematis.

5. Variabel Kontrol
Variabel kontrol adalah peubah yang dikendalikan atau dibuat konstan sehingga pengaruh variabel independent (peubah bebas) terhadap variabel dependent (peubah tak bebas) tidak dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diamati,diluar variabel yang akan diteliti. Variabel kontrol ini sering digunakan dalam penelitian komparatif, yang bersifat melakukan perbandingan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar